101 Disney Songs: for Alto Sax

101 Disney Songs: for Alto Sax

B. Indonesia soal:tuliskan penggunaan rima dan panjang suku kata tiga pantun tersebut.​

soal:tuliskan penggunaan rima dan panjang suku kata tiga pantun tersebut.​

Jawaban:

1) Pantun 1: Pantun tersebut menggunakan rima silang dan terdiri atas 36 suku kata yang terbagi menjadi 9 suku kata pada baris pertama, 8 suku kata pada baris kedua, 9 suku kata pada baris ketiga, dan 10 suku kata pada baris terakhir.

2) Pantun 2: Pantun tersebut menggunakan rima rangkai dan terdiri atas 38 suku kata yang terbagi menjadi 9 suku kata pada baris pertama, 10 suku kata pada baris kedua, 9 suku kata pada baris ketiga, dan 10 suku kata pada baris terakhir.

3) Pantun 3: Pantun tersebut menggunakan rima silang dan terdiri atas 38 suku kata yang terbagi menjadi 10 suku kata pada baris pertama, 9 suku kata pada baris kedua, 9 suku kata pada baris ketiga, dan 10 suku kata pada baris terakhir

Penjelasan:

Rima adalah pengulangan bunyi yang berselang, baik di dalam larik sajak maupun pada akhir larik sajak yang berdekatan.

Beberapa jenis rima di antaranya:

1) Rima silang, adalah persamaan bunyi kata dan juga persamaan bunyi suku kata yang diletakkan dengan menyilang. Memiliki pola a-b-a-b.

2) Rima rangkai, adalah persamaan bunyi kata dan juga persamaan bunyi suku kata yang diletakkan dengan beruntun. Bentuk ini dapat kita jumpai dalam bentuk Syair dengan pola a-a-a-a.

3) Rima kembar, adalah persamaan bentuk bunyi kata dan suku kata yang akan saling berpasangan. Bentuk ini dapat kita jumpai dalam bentuk Syair dengan pola a-a-b-b.

Suku kata atau silabel adalah pembentuk kata yang tersusun dari satu fonem atau urutan fonem. Suku kata sama sekali tidak mengandung pengertian.

[answer.2.content]